Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi pada D'dieuland)
Abstract
Tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia tentunya dipengaruhi oleh berbagai sektor yang ada, terutama pada sektor industri pariwisata yang dapat dikatakan sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi bagi sebuah negara, salah satunya objek wisata D’dieuland yang berada di kabupaten Bandung Barat. Pada umumnya dalam memasarkan suatu produk maupun jasa, sebagai individu atau perusahaan memerlukan strategi bauran pemasaran agar mampu bersaing untuk mendapatkan suatu keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bauran pemasaran (7p) terhadap kepuasan wisatawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling serta teknik analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS). dapat disimpulkan hanya variabel product dan process yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan.