TRANSFORMASI KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MODAL SOSIAL DALAM MENGATASI PERSOALAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DAERAH PERBATASAN PADA MENGHADAPI ASIA FUTURE SHOCK TAHUN 2020 (HASIL KOLABORASI PENELITIAN DAERAH KOMPLEK DAN PERKOTAAN)

  • Mulyaningsih Mulyaningsih
Abstract viewed = 23 times | PDF (Bahasa Indonesia) download = 21 times

Abstract

Kondisi masyarakat Indonesia sudah tidak mudah lagi untuk bersaing di abad  21 secara regional dan internasional memerlukan pendongkrak yang kuat  melalui transformasi nilai karakteristik budaya organisasi sharing atau berbagi sebagai kearifan lokal yang sudah di reubonding dengan adanya penyesuaiain nilai-nilai yang pundamental berupa nilai-nilai baru yang adopsi dari pengaruh perubahan dua wilayah yang berbeda sehingga dapat dijadikan modal sosial berupa pola berpikir dan berperilaku bagi daerah perbatasan guna mengatasi berbagai persoalan ber-bangsa dan bernegara dalam Asia Futura Shock tahun 2020. Untuk bersaing di abad  21 secara regional dan internasional memerlukan pendongkrak yang kuat  melalui transformasi nilai karakteristik budaya organisasi sharing atau berbagi berupa nilai-nilai baru yang adopsi dari pengaruh perubahan dua wilayah yang berbeda sehingga dapat dijadikan modal sosial berupa pola berpikir dan berperilaku bagi daerah per-batasan guna mengatasi berbagai persoalan berbangsa dan bernegara dalam Asia Futura Shock tahun 2020. Metologi dideskriptifkan terhadap nilai kearipan lokal se-bagai kolaborasi budaya lokal yang diterima lingkungan internal dan eksternal serta temuannya direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertindak praktis dalam menyelesaikan masalah. Pola pikir landasan berperilaku menggunakan kearifan lokal silih simbeuh merupakan karakteristik yang paling tepat dalam mengatasi kesenjangan ekonomi, budaya, pendidikan, sosial pada sebuah daerah perbatasan dengan jenis nilai karakteristik sharing; sama rukun dan gotong royong, sama setia dan bertahan-sama semangat juang tinggi, dengan sikap dan pola pikir; hubungan dengan “pengaman” dan pelaku usaha lain penggunaan budaya dagang Cina, hubungan pelaku usaha dengan sumber modal dan pemasok bahan baku guna mengatasi berbagai masalah di perbatasan. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-24
How to Cite
MULYANINGSIH, Mulyaningsih. TRANSFORMASI KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MODAL SOSIAL DALAM MENGATASI PERSOALAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DAERAH PERBATASAN PADA MENGHADAPI ASIA FUTURE SHOCK TAHUN 2020 (HASIL KOLABORASI PENELITIAN DAERAH KOMPLEK DAN PERKOTAAN). Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 105-115, aug. 2020. ISSN 2580-8095. Available at: <http://jurnal.asmtb.ac.id/index.php/jsab/article/view/150>. Date accessed: 20 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.31104/jsab.v4i2.150.